Kuliah Umum: Dasar dari Filsafat Reformasi

Pada tanggal 12-13 Agustus 2019 telah diadakan Kuliah Umum dengan tema Dasar dari Filsafat Reformasi yang dipimpin oleh Prof. Dr. Gerrit Glas dan diterjemahkan oleh Pdt. Markus Dominggus Leredawa, DSA., Bpk. Brury Eko Saputra, Th.M., dan Pdt. Amos Winarto, Ph.D.

Kuliah umum ini diikuti oleh Dosen STT Aletheia, mahasiswa Prodi S-1 Sarjana Teologi semester 5 (tingkat III), mahasiswa Prodi S-2 Magister Teologi, dan dari kalangan umum.

Adapun yang dibahas antara lain:

  1. Tokoh-tokoh penting dalam pemikiran filsafat Kristen
  2. Pemikiran filsafat reformasi dari Kuyper dan Dooyeweerd
  3. Filsafat reformasi mengenai relasi gereja dan negara
  4. Filsafat reformasi mengenai keluarga dan bisnis

3

Dalam kuliahnya, beliau mengatakan bahwa kepemimpinan telah menjadi sangat penting karena perusahaan, organisasi, dan lembaga kehilangan arah dan koherensi, ketika tidak ada kepemimpinan yang efektif. Kepemimpinan pastoral adalah bentuk penatalayanan, yang membutuhkan pendidikan rohani, pendidikan untuk memahami makna Injil, saat ini, dan untuk orang-orang ini, dalam keadaan mereka. Orang-orang ini dipercayakan kepada pendeta. Dia tidak memiliki mereka, tetapi dia melayani mereka, pertama-tama dengan memberi tahu dan dengan memperlihatkan perilakunya, tentang Injil, tentang makna sentral dari pengampunan, tentang cinta, belas kasih, dan perhatian.

Dan juga mengatakan bahwa gembala bukanlah seorang pendiri gereja, bukan semacam manajer dari sebuah komunitas besar, yang mendefinisikan aturan untuk kolaborasi, urutan pelayanan, dan bagaimana segala sesuatu praktis harus dilakukan.