Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi Indonesia (KNMTI) 2017

Pada tanggal 21-25 November 2017 STT Aletheia Lawang mengutus dua orang mahasiswanya yaitu Sdr. Andi Shalom biha dan Sdr. Dicky Chandra untuk mengikuti Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi Indonesia (KNMTI) 2017 yang diselenggarakan oleh PERSETIA dan bertempat di Kampus STT Nazarene Indonesia, Yogyakarta. Tema Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi Indonesia tahun 2017 kali ini adalah Narkoba dan Dunia Malam Sebagai Sebuah Fenomena.

Dalam kerangka acuan yang diberikan bahwa mahasiswa teologi di Indonesia diajak untuk bersama-sama menyadari dan menggumuli berbagai persoalan yang ada di dalam bangsa dan negara kita Indonesia, salah satunya adalah persoalan yang terkait penyalahgunaan narkoba dan gaya kehidupan dunia malam. Melalui tema Narkoba Dan Dunia Malam Sebagai Sebuah Fenomena, mahasiswa teologi di Indonesia juga diajak untuk menunjukan dan mengungkapkan rasa cintanya kepada bangsa dan negara dengan melahirkan pemikiran-pemikiran yang dapat diwujudnyatakan di dalam kehidupan mereka dalam berteologi di Indonesia.

Isu-isu terkait dalam KNMTI 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Hukum dan Undang-undang yang berlaku di dalam menghadapi maraknya penyalahgunaan narkoba di Indonesia saat ini. Apakah sudah dijalankan dan dilaksanakan dengan baik?
  2. Kehidupan Dunia Malam, sebatas gaya hidup atau bertentangan dengan norma-norma kehidupan?
  3. Apa dan bagaimana pemahaman agama Kristen terkait persoalan yang sedang dihadapi oleh bangsa dan negara Indonesia saat ini, khususnya yang terkait dengan tema?
  4. Apa dan bagaimana sumbangan dan peranan agama-agama dan kepercayaan/budaya dalam mewujudkan Indonesia bebas Narkoba, Indonesia yang peduli, Indonesia yang sejahtera, Indonesia yang merdeka?

Konsultasi Mahasiswa ini dilaksanakan dengan tujuan agar peserta:

  1. Mendalami secara bersama arti dan makna rasa cinta kita terhadap bangsa dan negara kita Indonesia.
  2. Memiliki pengetahuan dan pengalaman bersama dalam mengidentifikasi berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia (khususnya terkait dengan penyalahgunaan narkoba dan gaya hidup dunia malam) guna mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia yang seutuhnya.
  3. Mengembangkan pengetahuan teologis dalam memahami peran diri sebagai seorang teolog-teolog muda Indonesia dalam mememberikan sumbangan yang berarti dalam pengembangan pemahaman terkait tema.
  4. Merumuskan bersama kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan secara bersama di wilayah masing-masing sebagai upaya berteologi kontekstual di Indonesia khususnya dalam emmerangi Narkoba, untuk Indonesia yang bebas narkoba.

Melalui keikutsertaan mahasiswa STT Aletheia dalam kegiatan KNMTI 2017 tersebut menambah wawasan dan kerjasama antara mahasiswa sekolah-sekolah Teologi di Indonesia terutama untuk melawan narkoba di Indonesia.

1