Kuliah Padat Narrative Preaching

Pada tanggal 14-18 Maret 2016 Program Studi Magister Theologi STT Aletheia Lawang mengadakan Kuliah Padat Narrative Preaching dengan pembicara adalah Prof. Henk Oostra. Beliau adalah Ahli Pendidikan dan Jurnalis dari Belanda.

Kuliah ini bertujuan untuk memperlengkapi mahasiswa untuk memahami bentuk sastra narasi dalam Alkitab dengan tujuan untuk dapat memberitakannya juga dalam bentuk pemberitaan secara naratif. Pendekatan penafsiran dan pemberitaan Narasi ini dalam kerangka perspektif Teologia Reformed. Dalam kuliah ini tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga adanya pelatihan dan praktek dalam proses penafsiran dan pemberitaan Narasi.

Pada akhir kuliah, diadakan praktek berkhotbah secara narasi bagi peserta kuliah dan melalui pendekatan-pendekatan khotbah narasi membuat penyampaian Firman Tuhan menjadi lebih hidup seperti kesimpulan Pdt. Benny Solihin yang ditulis dalam jurnal VERITAS 7/1 (April 2006) 13-36: “Bila ingin mengkhotbahkan teks-teks naratif PL dengan efektif, tidak ada jalan lain kecuali kita menggunakan model khotbah naratif.”

edit