Aletheia Courses in Theology (ACT) 2020 sesi ke-1

STT Aletheia telah mengadakan ssei pertama kelas Aletheia Courses in Theology dengan tema Mazmur dan Pandemi dengan pembicara Pdt. Sia Kok Sin, D.Th. dan host oleh Pdt. Linus Baito, M.Th.

Pdt. Sia dalam kaitan antara Mazmur dan Pandemi menitikberatkan pada Mazmur 91 yang telah memberikan gambaran bahwa penulis Mazmur pernah mengalami kesulitan yang sama seperti sekarang ini. Mazmur 91 bergenre Mazmur Keyakinan yang berarti pemazmur yakin akan perlindungan Tuhan dari pelbagai mara bahaya.

Dua pertanyaan yang timbul dari kacamata Mazmur 91 adalah bolehkah kita mengeluh? dan Bolehkah kita bertanya kepada Tuhan? Jawabannya adalah Pdt. Sia merujuk pada Mazmur Keluhan (Mazmur 6) yang mana pemazmur tetap mempunyai keyakinan yang kokoh kepada Tuhan dan penyakitnya tidak akan mempengaruhi hidupnya lagi.

Dalam sesi pertama ini, Pdt. Sia juga mengajarkan bahwa untuk memahami kitab Mazmur, kita harus bisa:

  • 1. Mengidentifikasi genre (jenis/bentuk) mazmur
  • 2. Mengidentifikasi dan memahami paralelisme
  • 3. Memahami gambaran (imageri)

Dalam kesempatan ini juga Pdt. Joni Stephen diberikan kesempatan untuk bersaksi ketika beliau dinyatakan positif covid-19, diisolasi oleh tenaga medis, dan dinyatakan sembuh. Pdt. Joni sampai saat ini tetap melayani sebagai gembala sidang Gereja Indonesian Presbyterian Church Randwick Sydney Australia.

Atas pelayanan dan kesaksian dalam sesi pertama Aletheia Courses in Theology. Tuhan Yesus memberkati.

Materi Mazmur dan Pandemi dapat diakses di SINI