Kuliah Padat Ilmu Hymn

STT Aletheia Lawang pada tanggal 3-7 Agustus 2015 telah mengadakan Kuliah Padat Ilmu Hymne yang diikuti oleh seluruh tingkat II. Kuliah dipimpin oleh Ibu Bhree Debby Roosvianc, M.C.M dari STT Abdiel Ungaran. Ibu Debby banyak sekali memberikan pengajaran dalam bentuk teori maupun praktek yang sangat dibutuhkan bagi pelayanan di gereja-gereja.

Dalam pengantarnya beliau mengatakan bahwa Ibadah adalah dialog antara manusia dengan Allah. Jadi ibadah yang benar adalah ketika umat mengalami perjumpaan dengan Allah. Ibadah bukan berarti Allah hanya berbicara kepada pendeta, pemimpin pujian, singers,pemain musik, atau petugas yang lain. Mereka adalah mediator, dan jemaat yang tidak bertugas bukan hanya menjadi penonton saja, namun ‘beraksi, bertindak dan merespon’, karena ibadah adalah perjumpaan pribadi umat dengan Tuhannya.

Ibadah umat Kristen 40% nya adalah menyanyi, dan sudah seharusnya nyanyian yang digunakan dalam ibadah adalah hymn. Itulah mengapa kita sebagai mediator-mediator ibadah harus mengenal lebih dalam tentang hymn, karena ini tidak bisa lepas dari ibadah. Dalam mata kuliah hymnology ini semoga kita bisa melihat beragam hymn sesuai dengan perkembangannya dari jaman Alkitab sampai sekarang.

Ibadah umat Kristen meiliki beragam bentuk, seiring dengan berkembangnya bermacam-macam denominasi gereja, seiring dengan perkembangan tekhnologi mutahir yang memungkinkan gereja memasukkan beragam alat musik dalam ibadah mereka. Namun jangan sampai sebagai teolog-teolog dan musisi-musisi gereja, pikiran kita dibatasi dengan denominasi A, B, C dalam memahami ‘hymn’. Hymn berasal dari bahasa latin hymnus (=lagu pujian) dan bahasa yunani hymnos (lagu atau pujian kepada Allah). Melihat definisinya, sudah jelas bahwa setiap ibadah kita menggunakan hymn walau dalam bahasa sekarang disebut sebagai; praise and worship, lagu pujian, kidung, nyanyian, dlsb.

Pujian adalah tindakan untuk mengagungkan atau membesarkan dan memuliakan Tuhan atas apa yang telah diperbuatnya bagi kita, apa yang sedang Ia perbuat dan apa yang nanti dilakukan bagi kita.

Ilmu Hymne upload