Jalan Penderitaan

Liturgis      : Ev. Gumulya Djuharto Th.M.

Pembicara: Pdt. Kornelius A. Setiawan,D.Th.

Nats           : Filipi 2:5-8

Uraian        :

Status hamba adalah status yang paling rendah dan paling dihindari oleh setiap manusia. Seorang hamba adalah seorang yang paling hina diantara manusia. Akan tetapi Tuhan Yesus mau menjadi seorang hamba (Filipi 2:5-8).

Sebagai seorang hamba Tuhan kita harus meneladani sikap Yesus yang mau merendahkan diri menjadi seorang hamba.

  • Yesus mau menjadi manusia (ayat.6-7)

Yesus dalam naturnya sebagai Allah rela dan mau menjadi seorang manusia yang artinya Yesus mau merendahkan diri menjadi  seorang hamba.

  • Yesus mau menjadi pelayan (ayat 6-7)

Yesus mau melayani siapa pun bahkan terhadap orang yang akan mengkhianatinya (Markus 10:45). Ketika membasuh kaki murid-muridnya dia memberi contoh bahwa pelayanan tidak boleh memandang muka,Tuhan Yesus melayani orang-orang yang dikasihi Allah bukan yang hanya mengasihiNya.

  • Yesus mau berkorban untuk orang yang dilayaninya (Filipi 2:6-8;Yohanes  18:4-6)

Terkadang pelayanan menjadi menjemukan karena kita hanya sekedar menjalankan tugas dan terpaksa untuk menjalaninya bukan dari kerelaan hati kita. Yesus telah memberi contoh dalam pelayanannya di bumi ini, bahkan Yesus mau berkorban untuk orang yang dilayaninya. Oleh karena itu marilah kita sebagai muridnya meneladani apa yang telah Yesus lakukan dalam melayani.

Satu pertanyaan mengapa Yesus mampu bertahan menghadapi segala penderitaan dan tantangan dalam pelayanannya adalah karena Yesus selalu mengikuti kehendak Allah dan bukan menuruti kehendak pribadinya. (Matius 26:39)

Dan pada akhirnya Allah meninggikan dan mengaruniakan kepada Yesus Nama di atas segala nama.