ToT Pustakawan PERSETIA

STT Aletheia telah mengutus salah satu staf perpustakaannya yang bernama Erlifia Christiani Ferdiasari untuk mengikuti Training of Trainer (ToT) Pustakawan Virtual PERSETIA yang dilaksanakan pada tanggal  14–18 September 2020  melalui aplikasi ZOOM. Training of Trainer Pustakawan kali ini mengambil tema: “Information of Literation”.

Mengutip dari Kerangka Acuan dari PERSETIA bahwa di abad ke-21 informasi diproduksi secara masal dan luar biasa melimpah setiap harinya. Hal tersebut menghasilkan apa yang disebut dengan keberlimparuahan informasi (information overload). Hal inilah yang menyebabkan sulitnya mengambil keputusan yang baik di dalam kaitannya dengan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan tersebut.  Seiring dengan kemajuan perkembangan manusia dan informasi, dibutuhkan kemampuan literasi informasi terutama bagi para pengelola informasi dan pengguna informasi.

Literasi secara mudah bisa didefinisikan sebagai kemampuan membaca. Jika agak berkembang sedikit dan lebih berfokus pada obyek kata kerja membaca yaitu bacaan itu sendiri, maka literasi bisa diterjemahkan sebagai kemampuan untuk menggunakan informasi yang terekam di dalam simbol-simbol.

Oleh karena itu, diharapkan melalui kegiatan ini Pustakawan/staf perpustakaan anggota PERSETIA dapat lebih profesional dan menguasai keterampilan Information of Literation dan dapat menjadi trainer di institusinya bagi pustakawan, dosen, dan mahasiswa agar semakin mahir dalam mendapatkan dan menggunakan serta mendistribusikan informasi secara efektif dan efisien dalam pengembangan pendidikan teologi dan pelayanannya.

Nara sumber kegiatan Training of Trainer (ToT) Pustakawan Virtual PERSETIA adalah Pustakawan dari Universitas Kristen dan STT yang berkompeten pada materi kegiatan yaitu sebagai berikut:

  • 1. Dhama Gustiar Baskoro, M.Pd. (Universitas Pelita Harapan, Tangerang)
  • 2. Chandra Pratama, M.LIS (Universitas Kristen Petra, Surabaya)
  • 3. Yanni Karina, S.Hum. (Universitas Pelita Harapan, Tangerang)
  • 4. Titi Sunarni, S.Pd., MIP. (Universitas Kristen Duta Wacana)
  • 5. Hilda V. Putong, M.P. (STFT Jakarta)

STT Aletheia sebagai salah satu anggota selalu aktif dalam mengikuti kegiatan yang diadakan oleh  PERSETIA. Dan melalui keaktifan dalam mengikuti kegiatan PERSETIA tersebut, diharapkan dapat tercapai kesinambungan dan pemberdayaan bagi PERSETIA dan angota-anggota lainnya dalam mensukseskan pembelajaran di kalangan sekolah-sekolah Kristen di Indonesia. Sampai bertemu lagi di kegiatan-kegiatan PERSETIA yang lain.